Sabtu, 28 Mei 2011

Bangga Indonesia: suka gotong royong dalam segala hal (terinspirasi dari perkataan spontan temen kamar)


Banggakah sama Indonesia hai kawand sebangsa Indonesia? Kalo bangga trus apa alasannya?? Hmm,, hmm,, hm,, pasti bingung mu jawab apa.. pasti kagak enak kalo alasannya Cuma karena kita dilahirkan di Indonesia. Heeee,, (sama kalo gitu kayak saya)
Hmm,, kupikir kupikir kupikir, apa sih yang tidak dipunyai oleh bangsa lain selain Indonesia? Orang pinter? Orang luar negri juga banyak yang pinter. Seni budaya? Orang india punya banyak seni, wisata? Sepertinya di amerika ada ngurah ngai yang bagus banget. Trus apa ya? Mungkin batikkah? Sepertinya masuk criteria,, insyaAllah bangsa lain kagak punya batik, yang pasti walo begitu kita tidak akan kuat kebanggannya kalo alasannya hanya seputar batik, peristiwa korupsi bisa menghapus satu poin itu.
Okeh, saya sumbangkan satu alasan lagi, “pancasila” ininih yang mempersatukan segala perbedaan di antara kita, saya yakin orang luar negri kagak akan punya landasan Negara seperti ini. Namun sayangnya ini hanya sebatas kebanggaan pada landasan Negara doank, soalnya sedikit sekali bangsa Indonesia yang menjalankannya. Menyedihkan.
Apa lagi? Hmm,,, sepertinya saya juga kagum pada bangsa Indonesia yang punya prinsip dan idealism tinggi, mereka para idealis yang nasionalis, para nasionalis yang idealis. Sekali berprinsip, maka akan teguh dengannya, tak takut akan kepalsuan yang merajalela, tak pengecut hanya dengan rupiah. Mengingatkan saya pada para pejuang islam yang kukuh, yang sekali berprinsip maka tak akan gentar dan tak goyah oleh apapun. Sayangnya hanya sedikit sekali yang mempunyai keteguhan seperti ini, sedikit sekali.
Lalu apa lagi poin yang akan menambah kebanggaan kita pada Indonesia?owh hohohoho,, sepertinya masih ada kawand,, “gotong royong” yupz,  gotong royong ini yang perlu kita banggakan, orang Indonesia suka sekali dengan gotong royong, sepertinya gotong royong ini telah dianut oleh banyak orang di Indonesia, 2 jempol deh buat yang ini. Bagaimana tidak dalam hal apapun kita tak pernah lupa untuk gotong royong dalam suasana dan waktu seperti apapun, contoh kecilnya sajah ne ya, gotong royong membangun desa, gotong royong kerja bakti alias bersih2 di desa, sekolah2, pesantren bahkan di penjara. Contoh lain misalnya dalam hal politik perebutan jabatan paling suka memprovokasi masyarakat awam, jadilah masyarakat awam berbondong-bondong buat mendukung si calon (gotong royong), pas mahasiswa muak dengan kebijakan pemerintah, mereka mencari massa sebanyak-banyaknya guna mensukseskan acara demo-mendemo(gotong royong), hmmm,, trus kalo ada maling ketangkap basah mencuri di bis maka dengan satu kata ajaib “maliiiiiiiiing” secara otomatis orang-orang akan mengejarnya besar-besaran (gotong royong juga bukan?), walaupun anggota yang ikut aksi gotong royong tersebut tidak mengerti apa gunanya mereka ikut-ikutan, apa tujuanx, siapa sasarannya, bener ato salah, de el el.. yang penting gotong royong.

(celoteh anak kamar A1)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut