Minggu, 30 Januari 2011

Kuliah di PT


Awalnya ku pikir aku akan punya masa depan hanya jika aku kuliah di perguruan tinggi, hidupku akan berlanjut hanya jika aku kuliah disana. Dulu bagiku tidak kuliah diperguruan tinggi berarti hidupku telah selesai.    Sangat takut membayangkan tidak bisa kuliah di perguruan tinggi gara2 gag ada uang. Banyak temenku yang tidak kuliah hanya gara2 duit. Sebenarnya sih gag ada bedanya ma keadaanku, hanya ajah bedanya aku lebih berani bermimpi, lebih berani untuk yakin, lebih berani berkemauan. Ya inilah hasilnya aku kuliah di UNEJ jurusan kimia murni semester 4. Dengan 2 tahun berturut2 spp dibayarin ma kampus. Semoga tahun ini juga begitu. Amin. Aku percaya selama ada kemauan pasti akan selalu ada jalan.
                 Upz, kembali ke kalimat awal. Penting gag pentingnya sebuah wadah pendi2kan(universitas) tergantung dari kita ndiri. Sekarang setelah hampir 2 tahun di unej aku mengerti bahwa hidupku akan tetap berjalan walu harus tanpa kuliah diperguruan tinggi. Setelah ku review niat awal aku kuliah bukan untuk mendapatkan pekerjaan, tapi murni ingin belajar kimia, I love it so much, disamping itu aku juga ingin menjadi pembeda di desaku, aku ingin menjadi pencetus. Dengan menjadi orang yang berpendidikan aku yakin aku bisa mengubah system yang berjalan di desaku. Secara desalis(hehehe), aku juga ingin ikut serta dalam pengentasan kemiskinan dan kebodohan desa, aku ingin mengajari mereka betapa pentingnya menjadi orang pinter, orang berpendidikan.
                 Dengan menjadi orang yang berpendidikan kita akan mampu menghadapi dunia dengan lebih bermakna,  bukan sekedar kenyang, bukan sekedar pamer. Tapi bagaimana caranya menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.
                 Di dunia pendidikan kita akan diajari etika, cara bersikap, cara berpikir. Yah,, kurang lebih seperti itu. Awalnya ku pikir dunia pendidikan hanya ada di universitas, bangku2 sekolah. Tapi tidak sekarang, bagiku tempat pendidikan sangat tidak terbatas, dimana saja kita bisa memperoleh pendidikan selama kita mau mengkaji, mau berpikir. Pengalaman, practice adalah 2 komponen pendidikan yang sangat manjur. Kita bisa belajar dari pengalaman, kita bisa belajar dari lingkungan. Bagiku sekarang universitas hanya lembaga pendidikan formal yang menyediakan ijazah sebagai hadiah hasil pembelajaran kita. sebagai kertas formal yang diatur Negara. Sedangkan pendidikan secara hakikat? Kita bisa peroleh pendidikan dimana saja bahkan diluar dunia formal.
                 Itu kalu kita mau berpikir bahwa pendidikan bukan sekedar kertas. Begitu juga kuliah, kuliah bisa diperoleh dimana saja tanpa harus di universitas ato sekolah tinggi. Itu hanya salah satu wadah saja, kita bisa bikin wadah lain. Belajar, bukan sekedar mencari uang, makan, kenyang, lalu tidur. 

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut